ATURAN MENGIRIM PERTANYAAN DAN KOMENTAR

Syariah Publications. Kami merasa bahagia mendapatkan kepercayaan untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi para pengunjung. Semoga apa yang kami sajikan benar-benar bermanfaat dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Hal berikutnya yang perlu kami sampaikan adalah tentang identitas dan kapasitas situs Syariah Publications, Konsultasi Islam, dan situs-situs lain yang kami kelola.

Pertama, perlu kami tegaskan kembali bahwa Syariah Publications bukan situs milik Hizbut Tahrir. Kami adalah bagian dari kaum muslimin yang berjuang untuk menegakkan syariah dan khilafah. Oleh karena itu, berbagai pertanyaan dan komentar tentang Hizbut Tahrir kurang tepat jika dikirimkan kepada kami. Pertanyaan yang sesuai untuk dikirimkan kepada kami adalah tentang syariah Islam sebagai solusi problem kehidupan.

Oleh karena itu, komentar seperti ini tentu kurang sesuai ditujukan kepada kami :

 

assalamualaikum

saya ingin sekali mengikuti kajian2 yang diadakan ht khususnya kalau ada di sekitar tangerang mengingat domisili saya di cileduk. mohon pula kiranya alamat email saya diatas dapat dimasukkan dalam mailing list ht… sehingga saya dapat meng up date info-info mengenai islam dan jadwal kegiatan ht.

zazakalloh

wassalamualaikum

 

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalaamu’alaa manittaba’alhudaa

saya mau tanya, bagaimana tentang tanggapan dari Hizbut Tahrir sendiri tentang hadits ahad, adzab qubur, dan bedanya HT dengan mu’tazilah?karena banyak yang menjelaskan tentang hal tersebut hanya dari HT saya belum tahu.

 

Kedua, situs Konsultasi Islam memuat berbagai konsultasi yang pernah dimuat di media lain. Kami mengumpulkan dan mengklasifikasikannya sehingga memudahkan pencarian. Pertanyaan baru yang belum ada jawabannya kami beri tanggapan. Akan tetapi hanya sebatas kemampuan kami. Oleh karena itu kami mohon kepada para pengunjung untuk bersabar bila pertanyaan yang dikirimkan belum dijawab. Anda bisa berpositif thinking bahwa kami masih berusaha mencari referensi untuk menjawab pertanyaan anda. Atau kami juga sedang berusaha menghubungi ustadz/ustadzah yang berkompeten untuk menjawabnya.

Ketiga, pengunjung kami harap tidak over estimate terhadap kami. Kami menjawab pertanyaan-pertanyaan syariah. Untuk hal-hal yang diluar bidang kami (misalnya kedokteran, kimia, dan lain-lain), tentu kurang bijaksana jika ditanyakan kepada kami.

Oleh karena itu, pertanyaan seperti berkut ini kurang sesuai dikirimkan kepada kami :

 

gimana sih cara mereaksikan asam karboksilat jadi asam asetat dan prosedur pembuatan asam asetat dengan metode permentasi atau sintetik

 

Saya ingin konsultasi tentang hewan peliharaan saya (kucing). Pagi ini saya melihat bagian patat kucing terdapat benda aneh yang menjuntai (cukup panjang). Saya kira itu hanya kotorannya yang masih menempel. Kemudian saya tarik, ternyata panjang juga, kurang lebih 30 cm. Tetapi belum saya keluarkan semua sudah putus di tengah jalan, saya sangat takut jangan – jangan ini ususnya yang keluar jadi penarikan saya hentikan . Anehnya kalo usus kog bergerak (lemah). karena penasaran saya taruh di genangan air agar lebih jelas. Ya.. benar bagian tersebut bergerak lemah seperti menggeliat-mengeliat. Lalu saya tarik lagi dari si pantat kucing, eh masih panjang sekelali tapi putus dan bagian yang putus pas di pantat kucing jadi benda tersebut tidak terlihat lagi. Cirinya : putih , beruas, piph, bagian tengan tubuh seperti ada gurat sisi pada ikan dan tipis. Setelah diamati saya pikir ini adalah cacing pita. Saya sangat khawatir dan takut kalo benar itu usus kucing, saya mohon penjelasan dan solusi tentang benda aneh ini. Kalau ini penyakit bagaimana cara mengobati kucing ini agar sembuh. Atas bantuannya terimakasih (mohon segera dibalas).

nb: umur kucing kira2 1,5 atau 2 tahun, kucing ini adalah kucing liar yang 3 minggu ini menetap di rumah saya.

 

Keempat, kami berharap pengunjung menjaga etika selama bersosialisasi di situs dan mailing list. Dimohon untuk tidak mengirimkan komentar yang sama sekali tidak berkaitan dengan visi misi Syariah Publications. Posting yang berisi muatan bisnis kami perbolehkan, namun dengan catatan “tidak bertentangan dengan syariah Islam, baik produknya maupun sistem jual-belinya”. Iklan bisnis Forex, money game, MLM, saham, dan lain-lain tidak kami izinkan di sini.

Kami sarankan, apabila anda ingin memanfaatkan situs dan milis Syariah Publications untuk bisnis anda, kemaslah secara cerdas. Tulislah komentar yang sesuai visi-misi kami, kemudian di akhir tulisan anda boleh sedikit beriklan dengan memberikan sedikit info perusahaan anda atau ditambah link ke situs anda. Posting yang 100% murni bisnis tidak akan kami izinkan.

Oleh karena itu, posting seperti ini tidak kami izinkan :

 

Anda ingin pulsa elektronik murah, lengkap dan cepat?jawabannya ada di http://www.xxx.com dapatkan kenyamanan bersama “xxx”

 

Etika lain yang perlu diperhatikan adalah sopan-santun berbahasa. Kita tahu bahwa manusia mempunyai perasaan yang kadang bisa sensitif. Oleh karena itu, apabila anda ingin menanggapi sebuah posting yang berbeda dengan pendapat anda, gunakanlah kata-kata yang sopan. Hindarilah kata-kata cacian dan fitnah. Jangan menuding kaum muslimin lainnya sebagai kafir ataupun sesat, khususnya jika golongan yang anda tunjuk itu dibolehkan oleh MUI.

Kami mohon juga untuk tidak menulis komentar yang menjurus ke arah porno, walaupun tulisan yang dikomentari memang membahas pergaulan atau seks. Kami tidak menyajikan teks porno, melainkan pengetahuan.

Oleh karena itu, komentar seperti ini hendaknya jangan dikirim (contoh berikut menanggapi pertanyaan seputar aturan hubungan seksual suami istri) :

 

Lho, mana gambarnya? Ngga seru ah kalau tanpa gambar.

(** Kabur **)

 

GAMBAR, KAMI MINTA GAMBAR!!! hehe, becanda deng… tapi kalo dipasang ya lebih afdhol.

 

kok ra ono gambare …

 

wah aku jadi pingin nih. gimana sih rasanya? enak yach?

 

Demikian penjelasan kami. Kami berharap dengan penjelasan ini kita semua bisa memanfaatkan situs Syariah Publications secara optimal untuk kemajuan dakwah Islam.

(Farid Ma’ruf; pengelola situs)