Deprecated: Hook custom_css_loaded is deprecated since version jetpack-13.5! Use WordPress Custom CSS instead. Jetpack no longer supports Custom CSS. Read the WordPress.org documentation to learn how to apply custom styles to your site: https://wordpress.org/documentation/article/styles-overview/#applying-custom-css in /home/anaksho1/public_html/wp-includes/functions.php on line 6085
Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga - Dalam Islam, Gapai Ketaqwaan

Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Dalam kehidupan berumah tangga, tentu tidaklah semulus seperti apa yang Anda bayangkan sebelumnya ketika masih bujang. Terdapat banyak lika-liku, godaan serta cobaan dalam berumah tangga. Bahkan bisa saja itu mengakibatkan perceraian. Oleh karena itu amatlah penting untuk tetap menjaga keharmonisan rumah tangga.

Jangan pernah anggap remeh mengenai keharmonisan rumah tangga ini. Terbukti saat ini telah banyak kasus perceraian atau bahkan kekerasan dan pembunuhan terhadap pasangan yang diakibatkan oleh kurang terjaganya keharmonisan rumah tangga.

Ilustrasi rumah sebagai tempat bernaung keluarga, foto: unsplash.com
Ilustrasi rumah sebagai tempat bernaung keluarga, foto: unsplash.com

Nah! bagi Anda yang ingin ataupun sudah menikah saat ini, maka amatlah penting untuk tetap mempelajari ilmu dalam berumah tangga. Terutama mengenai kiat-kiat dalam menjaga keharmonisan rumah tangga.

Penyebab Kurangnya Terjalin Keharmonisan Rumah Tangga

Menyatukan dua orang dengan latar belakang dan sikap serta perilaku yang berbeda dalam satu rumah, tentu membutuhkan penyesuaian yang tidak sebentar dan mudah. Maka tak jarang suami istri yang gagal dalam mewujudkan keharmonisan rumah tangga ini, meskipun mereka adalah keluarga muslim.

Dibalik itu semua, sebenarnya terdapat beberapa faktor atau penyebab kurangnya terjalin keharmonisan rumah tangga. Dan Kami telah berhasil merangkumnya khusus untuk Anda. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kurangnya Komunikasi

Komunikasi menjadi faktor utama yang mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Komunikasi yang kurang baik akan menimbulkan kesalah pahaman atau bahkan saling salah menyalahkan ketika menghadapi sesuatu. Hal ini tentu sangat berakibat buruk terhadap keharmonisan rumah tangga Anda.

Ilustrasi komunikasi yang kurang baik, foto: orami.co.id
Ilustrasi komunikasi yang kurang baik, foto: orami.co.id

2. Kurang Bersabar

Sikap kurang sabar dan terlalu cepat mengambil kesimpulan ketika menghadapi sesuatu, bisa saja menimbulkan keputusa yang salah atau menyakiti hati pasangan. Apalagi menyangkut harga diri pasangan atau keberlangsungan keluarga. Hal ini tentu juga akan berakibat buruk terhadap keharmonisan rumah tangga.

3. Suka Berkata dan Bersikap Kasar

Berkata kasar atau yang tidak mengenakkan hati terhadap pasangan, juga akan berakibat buruk terhadap keharmonisan rumah tangga Anda. Karena bisa saja pasangan Anda merupakan tipikal orang yang kurang suka dengan kata-kata kasar atau memiliki trauma di masa lampau mengenai hal ini.

Selain berkata kasar, bersikap kasar terhadap pasangan juga akan berakibat buruk terhadap keharmonisan rumah tangga Anda. Dan biasanya ini paling banyak dilakukan oleh laki-laki (suami) terhadap perempuan (istri). Bagi seorang perempuan atau istri yang menjadi korban kekerasan, pasti akan membekas dalam hati dan pikirannya. Serta tidaklah mudah untuk memaafkan.

4. Tidak Menunaikan Kewajiban

Masing-masing pasangan pastinya memiliki hak untuk dipenuhi dan kewajiban untuk dijalankan. Dan banyak pasangan yang menghiraukan hal ini. Padahal ini merupakan aspek penting untuk mendorong terciptanya keharmonisan rumah tangga.

Ilustrasi menghiraukan kewajiban sebagai pasangan, foto: orami.co.id
Ilustrasi menghiraukan kewajiban sebagai pasangan, foto: orami.co.id

5. Kurangnya Waktu Bersama Keluarga

Menghabiskan waktu untuk kepentingan pribadi ataupun bisnis/bekerja dan sedikit menyisakan waktu untuk pasangan juga akan berakibat buruk terhadap keharmonisan rumah tangga. Selain itu juga bisa menimbulkan terjadinya perselingkuhan akibat salah satu pasangan yang merasa kesepian dan kurang diperhatikan. Bahkan bisa juga berdampak buruk terhadap sang anak.

Inilah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kurangnya terjalin keharmonisan rumah tangga. Dengan mengetahui faktor penyebab tersebut, diharapkan dapat mengambil langkah yang tepat supaya terwujudnya keharmonisan rumah tangga seperti apa yang Anda inginkan sebelumnya.

Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa keharmonisan rumah tangga merupakan unsur penting dalam kehidupan berkeluarga. Karena dengan terlaksananya keharmonisan tersebut, tentu akan membuat masing-masing pasangan merasakan kebahagiaan dan kehangatan dalam berkeluarga. Maka terjadilah sikap saling kasih mengasihi antar pasangan.

Oleh karena itu, berikut ini adalah cara menjaga keharmonisan rumah tangga yang patut Anda terapkan dalam kehidapan berumah tangga.

Ilustrasi keluarga muslim bahagia, foto: unsplash.com
Ilustrasi keluarga muslim bahagia, foto: unsplash.com

1. Menjalin Komunikasi dengan Pasangan

Cara mudah dan pertama yang patut Anda lakukan adalah dengan menjalin komunikasi dengan baik kepada pasangan. Dengan komunikasi yang baik dan lancar terhadap pasangan akan meminimalisir terjadinya perselisihan dan kesalah pahaman. Selain itu, ajaklah pasangan Anda untuk ikut serta dalam setiap pengambilan keputusan keluarga.

2. Bersikap Sabar

Lebih berhati-hati dan bersabar dalam mengahdapi permasalahan keluarga juga akan berdampak pada keharmonisan rumah tangga. Selain itu dengan bersabar dan berhati-hati dalam memutuskan sesuatu, juga akan meminimalisir terjadinya pengambilan keputusan yang salah dan berakibat penyesalan dikemudian hari.

3. Bersikap Lemah Lembut

Bersikap lemah lembut, baik dalam berucap ataupun bertindak terhadap pasangan juga akan membuat keharmonisan rumah tangga tetap terjaga. Selain itu, dengan bersikap demikian juga akan membuat pasangan Anda merasa lebih senang dan diperhatikan. Pastikan ini tetap berlanjut hingga tua kelak.

4. Menjalankan Kewajiban

Salah satu hal yang patut Anda perhatikan sebagai anggota keluarga adalah mengenai terlaksananya kewajiban. Dengan melaksanakan kewajiban terhadap pasangan, tentu akan membuat pasangan Anda merasa senang dan lebih diperhatikan. Dengan demikian keharmonisan rumah tangga pun akan terjalin.

Ilustrasi memahami hak dan kewajiban masing-masing, foto: ruangmom.com
Ilustrasi memahami hak dan kewajiban masing-masing, foto: ruangmom.com

Selain membuat pasangan Anda merasa senang dan lebih diperhatikan, imbalan lain yang akan Anda dapatkan adalah berupa pahala dari sang Maha Pencipta. Dan ini yang lebih utama, karena menikah bukan hanya untuk menyenangkan pasangan melainkan sebagian dari ibadah.

5. Berikan Waktu Kumpul Bersama Keluarga

Memberikan waktu bersama keluarga merupakan aspek yang tak kalah penting untuk mendorong terwujudnya keharmonisan rumah tangga. Anda dapat menggunakan berbagai cara, agar ketika berkumpul bersama keluarga terasa lebih hangat dan menyenangkan.

Misalnya saja dengan bermain-main atau makan bersama keluarga di taman rumah Anda. Apalagi taman rumah Anda dilengkapi dengan berbagai jenis tanaman hias daun ataupun bunga yang indah. Pastinya akan menambah keasikan dan kehangatan waktu kumpul bersama keluarga tersebut.

Jika belum memiliki taman rumah, tempat favorit lainnya pun dapat mejadi alternatif pilihan. Misalnya saja seperti ruang keluarga, teras rumah, balkon rumah, belakang rumah dan lainnya. Atau bisa juga menghadirkan taman mini pada halaman rumah sesegera mungkin, dan mempercayakan pembuatannya kepada jasa taman berpengalaman.

Ilustrasi bermain bersama keluarga, foto: mediasosialmembinakeluargasejahtera.blogspot.com
Ilustrasi bermain bersama keluarga, foto: mediasosialmembinakeluargasejahtera.blogspot.com

Inilah beberapa cara yang dapat Anda terapkan, supaya keharmonisan keluarga tetap terjaga. Jangan ragu dan takut bertanya kepada sahabat atau orang terdekat yang sudah memiliki keluarga terlebih dahulu mengenai hal ini. Karena saran dan nasihat dari orang yang berpengalaman amatlah penting.

Demikian artikel ini kami susun. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber informasi penting bagi Anda dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Anda dapat share artikel ini sebagai tanda peduli dan berbagi kebaikan antar sesama. Serta nantikan artikel menarik lainnya dari kami. Terimakasih.

Leave a Comment