Ukuran Satu Sha’ dalam Zakat Fitrah

Ukuran Satu Sha’ dalam Zakat Fitrah

Zakat merupakan salah satu bagian penting dari rukun Islam. Bahkan posisinya menduduki nomor ketiga, setelah syahadat dan sholat. Maka jika ada seorang yang mengaku muslim namun dia tidak menunaikan zakat fitrah padahal ia termasuk dalam golongan yang wajib dan mampu menunaikannya maka ia akan berdosa. Lalu bagaimana dengan orang-orang muslim yang masih bingung atau ragu dengan takaran zakat fitrah yang tepat. Untuk menjawab keraguan tersebut, mari kita simak bersama rangkuman soal tanya jawab yang telah kami di bawah ini.

=============================

Tanya :

_Ustadz, tanya, 1 (satu) sha’ itu berapa kilogram? Dan sha’ itu ukuran berat atau volume?_ (081323174117).

 

Jawab :

Ukuran zakat fitrah adalah satu sha’ bahan makanan pokok. Sha’ itu adalah ukuran takaran (al-kail), bukan ukuran berat (al-wazan). Satu sha’ gandum (al-qamhu) beratnya adalah 2176 gram. (Abdul Qadim Zalum, _Al-Amwal fi Daulah Al-Khilafah,_ hal. 60).

Walaupun takarannya sama (satu sha’) akan tetapi setiap biji-bijian akan mempunyai berat yang berbeda. Satu sha’ gandum beratnya tidak sama dengan satu sha’ beras, tidak sama pula dengan satu sha’ jagung, dan seterusnya.

Kami sendiri belum pernah mengadakan percobaan untuk mengukur satu sha’ itu berapa gram untuk beras. Namun ada ulama Indonesia yang sudah mengukur dan menghitungnya.

Di antaranya adalah Prof. Mahmud Yunus. Menurut Prof. Mahmud Yunus dalam kitabnya _Al-Fiqhul Wadhih_ Juz 2 hal. 10, bahwa 1 sha’ beras itu setara dengan 2187,5 gram beras. Beliau menyatakan :

 

*ويخرج المزكي عن كل شخص صاعا من الأرز وقدره كيلوان ومئة وسبعة وثمانون ونصف قرام*

 

*“Wa yukhriju al-muzakkiyyu ‘an kulli syakhsin shaa’an min al aruz, wa qadruhu kiluwaani wa mi’atun wa sab’atun wa tsamaanuuna wa nishfu qiraamin”*

 

Foto biji-bijian karya paul morris di Unsplash
Foto biji-bijian karya paul morris di Unsplash

 

Artinya : “Muzakki mengeluarkan (zakat fitrah) untuk setiap jiwa sebesar satu sha’ beras, dan kadarnya (beratnya) adalah dua kilogram dan seratus delapan puluh tujuh setengah gram ( 2187,5 gram).” (Mahmud Yunus, _Al-Fiqhul Wadhih,_ Juz 2 hal. 10).

Wallahu a’lam. (K.H.Muhammad Shiddiq al Jawi)

=============================

Demikian ulasan terkait dengan ukuran satu sya’ dalam zakat fitrah. Terimakasih sudah membacanya hingga selesai. Semoga kita bisa menyempurnakan amalan zakat fitrah kita, serta diberi keistiqomahan dalam mengamalkan perintah Allah yang lainnya. Semoha bermanfaat dan mari menebar kebaikan dengan membagikannya. Jazakallahu khair…