Cara Menemukan Passion Jurusan; Calon Maba wajib Tau

Saat ingin masuk ke dunia perkuliahan, tentu banyak dari anda yang menginginkan agar suatu saat tidak menyesal dengan pilihan yang dibuat. Hal ini karena banyak orang yang berakhir ditengah jalan karena jurusan yang di ambil tidak sesuai dengan passion atau minat yang dimiliki, oleh karena itu menemukan passion sangatlah penting untuk dipertimbangkan sebelum mengambil jurusan kuliah.

Kita mengambil sebuah contoh, jika anda saat masih di sekolah menengah atas menyukai dengan yang namanya merangkai sebuah aliran listrik sederhana maka saat memilih jurusan di perkuliahan, anda dapat memilih jurusan teknik elektro sesuai passion awal yang di sukai karena hal ini dapat membuat anda terus semangat untuk mempelajari hal hal baru yang lebih dari sebelumnya.

Baiklah mungkin masih banyak yang bertanya untuk bagaimana cara kita menemukan passion seperti apa yang benar benar kita sukai karena masih banyak belum mengetahui dan tidak sadar dengan kegemaran yang biasa dilakukan sebelum berkuliah. Baiklah karena hal tersebut, berikut ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menemukan passion jurusan sebelum kuliah.

Memahami Makna Passion

Bagi yang belum mengetahui passion seperti apa yang diinginkan, maka sebelumnya anda perlu mengetahui apa makna passion yang sebenarnya.

Dalam artian luas passion adalah sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas, tanpa paksaan dan suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar seseorang. Hal seperti ini biasanya dilakukan secara terus menerus, tidak pernah merasa bosan, tidak memikirkan untung dan rugi, dan jika tidak dilakukan akan merasa ada sesuatu yang kurang.

passion sangat menentukan efektivitas sesuatu. Sumber : unsplash.com
passion sangat menentukan efektivitas sesuatu. Sumber : unsplash.com

Arti lain dari sebuah Passion adalah keinginan yang begitu mendalam dari lubuk hati dan dilakukan tanpa adanya paksaan ataupun beban walaupun tidak mendapatkan materi sebagai upah. Ia juga akan terus menerus berpikir untuk mewujudkan sesuatu, dan melakukan yang terbaik yang ia dapat lakukan setiap harinya

7 Cara Menemukan Passion Jurusan Sebelum Kuliah

Untuk menemukan passion ada beberapa cara yang dapat anda coba, adapun cara tersebut dapat anda lihat di penjelasan berikut ini:

1. Carilah Hal yang Diinginkan

Untuk menemukan hal yang benar benar di inginkan, kebanyakan orang akan mendapatkannya dari kecemburuan atau rasa iri yang sering dirasakan. Adapun rasa iri yang dimaksud adalah rasa iri yang dapat membangun dan membuat kita juga ingin untuk meraihnya.

2. Temukan Mata Pelajaran yang Dapat Memotivasi

Motivasi akan sangat membantu dalam melewati segala rintangan yang mungkin akan kamu hadapi. Kamu harus menggali motivasi dalam diri terlebih dahulu untuk mengetahui passion sebelum memutuskan jurusan yang akan dipilih. Bekal motivasi yang kuat juga akan membuat kamu tetap semangat dan tidak mudah menyerah dalam menggapai impian.

3. Temukan Minat Serta Bakat yang Disukai

Bakat adalah modal berharga. Sumber : unsplash.com
Bakat adalah modal berharga. Sumber : unsplash.com

Selanjutnya jika ingin menemukan sebuah passion, anda juga dapat memulai dari bakat atau minat yang disukai. Tentu saat menjalankan serta menggunakan bakat, anda memiliki kenyamanan yang tidak dapat digambarkan dengan kata kata nah, hal ini dapat anda manfaatkan untuk menemukan passion sebelum kuliah.

4. Mencari Hal yang Disukai dari Panutan Anda

Berbicara tentang panutan, pastinya tidak akan lepas dari kepribadian orang tua. Namun saat berbicara passion, kebahagiaan orang tua atau teguh pendirian harus dipilih dengan baik salah satunya karena hal ini akan menjadi penentu masa depan anda yang cerah.

5. Temukan Keunikan yang Tidak Dimiliki Orang Lain

Tujuan mengenali keunikan diri bukan untuk pamer, melainkan untuk lebih terbuka dalam mengenali diri sendiri. Jangan malu atau ragu mengakui keunikan dirimu karena Keunikan kecil yang ada pada dirimu bisa mengarahkan kamu pada passion kamu yang terpendam.

6. Buatlah Daftar Kepribadian

Kepribadian dapat menjadi peranan penting untuk menentukan jurusan kuliah dan bahkan menjadi salah satu faktor yang membuat kamu sukses di bidang tersebut. Buatlah list kepribadianmu seperti berjiwa seni dan kreatif, suka berbicara di depan umum, terorganisir, bisnis, suka berkomunikasi, pemikir, dan sebagainya.

7. Temukan Hal yang Special dari Diri Anda Melalui Orang Lain

Terakhir temukanlah hal yang benar bebar spesial dari diri anda, entah itu melalui teman teman, keluarga, ataupun orang yang baru dikenal. Setelah itu, evaluasi apakah kelebihan kamu tersebut memang sudah ada sejak dulu pada kepribadianmu ataukah terus berkembang.

Manfaat Memilih Jurusan Sesuai Passion

jurusan dan passion sangat berkaitan erat. Sumber : unsplash.com
jurusan dan passion sangat berkaitan erat. Sumber : unsplash.com

Ada beberapa manfaat yang akan kita dapat jika memilih jurusan yang sesuai dengan passion, adapun manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Dapat Memaksimalkan Potensi Diri

Dengan memilih jurusan yang sesuai, hal pertama yang didapat adalah potensi diri untuk meningkat hingga maksimal dapat dirasakan. Di kampus nantinya kamu pun juga bisa mengembangkan diri dari potensi dalam diri dengan mengikuti kegiatan ekstra atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

2. Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri

Jika sudah menemukan passion anda dan menerapkannya di dunia perkuliahan, maka secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan diri anda, hal ini terjadi karena hal yang dilakukan tersebut menyenangkan dan sudah terbiasa untuk dilakukan.

3. Dapat Menjadi Diri Sendiri

Kamu pun juga bisa menjadi lebih percaya diri dengan menjadi diri sendiri tanpa harus sama seperti orang lain. Hal ini sejalan dengan salah satu tokoh kedokteran islam yaitu Al-Zahrawi yang selalu menjadi diri sendiri hingga terkenal bahkan sampai saat ini.

4. Mengurangi Penyesalan Jika Sesuatu Tidak Berjalan Sesuai Rencana

Terakhir dengan memilih jurusan yang sesuai dengan passion, maka saat mengalami masalah yang tidak direncanakan dengan pilihan anda, hal itu akan mengurangi rasa bersalah karena setidaknya hal tersebut merupakan pilihan sendiri dan tanpa perintah orang lain.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menemukan passion sebelum memilih jurusan atau kuliah, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda.

Leave a Comment