Deprecated: Hook custom_css_loaded is deprecated since version jetpack-13.5! Use WordPress Custom CSS instead. Jetpack no longer supports Custom CSS. Read the WordPress.org documentation to learn how to apply custom styles to your site: https://wordpress.org/documentation/article/styles-overview/#applying-custom-css in /home/anaksho1/public_html/wp-includes/functions.php on line 6085
Rahasia Bisnis Berkah: Lebih Dari Sekedar Untung-Rugi - Dalam Islam, Gapai Ketaqwaan

Rahasia Bisnis Berkah: Lebih Dari Sekedar Untung-Rugi

Bisnis berkah adalah bisnis atau usaha yang mampu memberikan manfaat dan ketenangan bagi siapa saja yang terlibat didalamnya. Baik itu pengelola, karyawan, pembeli, mitra dan bahkan lingkungan yang ada disekitarnya.

Sehingga selain dilancarkan dalam bermuamalah menjalankan bisnis atau usahanya, akan mengalir banyak manfaat yang diberikan oleh bisnis tersebut. Semakin besar, maka akan semakin banyak berkah manfaat yang akan diberikan oleh usaha dan bisnis berkah tersebut melalui berbagai program yang dijalankannya.

Model bisnis seperti inilah yang sudah seharusnya diterapkan oleh kalangan kaum muslimin yang bergerak dalam bidang bisnis. Sudah saatnya, apapun bisnis yang kita jalankan membawa manfaat dan berkah bagi makhluk Allah disekitarnya.

Rahasia Menjalankan Bisnis Berkah

Mayoritas dari pelaku usaha dan bisni masih bingung dan belum memahami bagaimana agar bisnis bisa sukses dan berkah tentunya. Ada beberapa rahasia dan juga tips yang perlu diketahui, agar bisnis berkah dan sukses bisa tercapai dengan lebih cepat melalui beberapa ikhtiar berikut ini.

1. Niatkan karena Allah

Bisnis merupakan salah satu cara agar kita bisa memenuhi kebutuhan diri dan juga memberikan nafkah kepada keluarga. Sehingga kunci pertama dalam membuka bisnis berkah tentunya mengaitkan dan memohon bantuan Allah agar selalu dimudahkan.

Semua karena dan untuk Allah. Sumber: unsplash.com
Semua karena dan untuk Allah. Sumber: unsplash.com

Selain menjadikan urusan bisnis menjadi lebih ringan, niat karena Allah akan menjadikan Anda sebagai pelaku bisnis akan dihitung beribadah dalam setiap muamalahnya. Tentunya hal itu juga dibersamai beragam ikhtiar yang relevan dengan zaman, agar bisnis yang kita jalankan menjadi semakin paripurna.

2. Menguatkan Tekad

kekuatan dan ketahanan seseorang dalam menjalankan bisni atau usaha adalah dalam kekuatan tekad dan mental. Apapun jenis bisnis atau usaha yang Anda jalankan tentunya membutuhkan dan memiliki kunci di mental dan tekad yang kuat. Mulai dari bisnis aksesoris seperti usaha percetakan gelang lanyard sampai dengan bisnis kuliner. Dalam hal ini tidak ada bedanya.

Karena tentu tantangan orang yang terjun kedalam dunia bisnis tentunya lebih besar dan berat dibandingkan dengan ,menjadi karyawan. Dimana Anda diwajibkan memiliki semangat tinggi, kreatif, inovatif dan pantang menyerah mindset growing, tidak cepat puas, dan mampu bangkit saat sedang terpuruk.

Dengan banyaknya teknis ilmu yang harus Anda kuasai, memiliki tekad dan mindset yang kuat untuk menjalankan bisnis tentu akan lebih memudahkan Anda dalam menyongsong bisnis berkah dan sukses.

3. Berakhlak Baik dan Menganalisa Pasar

Setelah memiliki niat yang lurus, dan penguatan mental yang baik maka selanjutnya Anda diharuskan untuk memahami pasar dan ilmu bisni secara umum. Baik itu beragam adat dan kebiasaan setempat.

Lakukan analisis pasar dengan teliti. Sumber: unsplash.com
Lakukan analisis pasar dengan teliti. Sumber: unsplash.com

Ini termasuk beberapa akhlak dan adab seorang pebisnis agar apa yang diimpikan bisa tercapai. Hal ini penting beberapa hal tersebut penting untuk dipahami, terlebih bagi seorang pemula, jangan sampai bisni atau usaha yang dijalankan sebelum kemudian melangkah ke berbagai ilmu teknis bisnis Anda

4. Memahami Ilmu Teknis Bisnis Anda

Seorang pebisnis tentunya sudah memahami dan memiliki ilmu dan bekal dalam bidang yang akan ditekuni. Setelah tiga langkah sebelumnya telah berhasil Anda lakukan untuk menuju bisnis berkah, maka selanjutnya Anda juga harus ahli dalam bidang tersebut.

Yaitu Anda perlu memahami berbagai disiplin ilmu teknik, agar bisnis Anda bisa dengan mudah dikenal oleh banyak. Sehingga banyak profit dan keuntungan yang masuk dan bisnis terus mengalami perkembangan.

Secara umum, beberapa ilmu teknis yang mesti Anda pahami untuk bisnis yang Anda harapkan diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Lakukan Riset Pasar

Sebelum terjun dan mengiklankan produk atau layanan Ana, lakukan riset pasar terlebih dahulu. Petakan dan kenali siapa saja yang akan menjadi kompetitor, lakukan inovasi, dan jajaki produk atau pelayanan apa saja yang dibutuhkan masyarakat dan pasar tersebut.

  • Berikan produk atau layanan yang berkualitas

Kemudian setelah melakukan riset, berikan atau sajikan produk dan layanan bisnis Anda dengan yang terbaik. Sehingga hal itu bisa diterima oleh masyarakat pasar atau konsumen dengan lebih mudah tentunya.

  • Lakukan Branding

Langkah selanjutnya agar bisnis berkah dan sukses adalah dengan melakukan branding bisnis Anda. Apa itu branding? Secara ringkas branding adalah cara memberikan ciri khas sebuah produk dan layanan agar pasar atau konsumen lebih mudah dalam mengenali Anda. Ada banyak langkah yang perlu dijalani dalam proses ini, sebaiknya Anda belajar dan meminta saran dari para pakar dan praktisi branding di Indonesia.

  • Terapkan Teknik Marketing yang Tepat

Setelah branding sudah dapat, maka selanjutnya Anda bisa melakukan penawaran dan marketing yang efektif. Anda bisa melakukan riset kira kira dengan cara apa agar produk Anda bisa dengan maksimal sampai kepada calon customer yang luas. Baik secara online maupun offline tergantung produk dan layanan Anda.

  • Berikan Pelayanan yang Terbaik

Ketika proses penawaran berhasil, maka akan menghadapi dan berhubungan langsung dengan pelanggan tentunya. Dari sini merupakan kunci yang perlu Anda terapkan, bahwa berikan pelayanan yang terbaik untuk calon customer.

  • Pastikan After Sales yang Baik

Sudah mendapatkan customer, maka langkah selanjutnya adalah menjaga hubungan baik dengan customer tersebut. Memenuhi setiap offer yang telah Anda berikan. After sales sangat penting agar pelanggan kembali lagi dengan melakukan repeat order yang lebih besar lagi.

Pelajari Fiqh Muamalah

Memahami aturan dan rambu rambu agama dalam menjalankan bisnis merupakan salah satu faktor agar bisnis yang Anda jalankan mencapai keberkahan. Karena dengan belajar fiqih bisnis atau biasa dikenal dengan fiqh muamalah.

Fahami dengan baik fiqh muamalah. Sumber: unsplash.com
Fahami dengan baik fiqh muamalah. Sumber: unsplash.com

Maka Anda akan mengenal riba, gharar dan lain semisalnya, yaitu notabene itu dilarang dalam agama. Sehingga Anda pun tidak akan sembarangan menerima berbagai project yang bisa jadi itu dilarang dalam agama.

Jangan takut belajar fiqih atau hukum berbisnis karena takut rezekimu akan berkurang. belajar dengan para ahli yang tentunya tidak mengedepankan hawa nafsu dunia dalam memberikan penjelasan.

Kuatkan dengan Doa

Doa bukan menjadi langkah terakhir dalam rangka meraih bisnis yang berkah dan sukses. Akan tetapi dalam sepanjang prosesnya selalu sertakan permohonan kepada Allah sang maha segalanya agar diberikan kekuatan dan kelancaran.

Minta restu kepada kedua orang tua, guru, anak yatim mohon agar didoakan, karena doa mereka yang tulus insya Allah menembus langit. Beberapa hal diata merupakan beberapa rahasia yang sekiranya bisa Anda amalkan untuk meraih bisnis berkah yang sukses. Sehingga banyak memberikan manfaat kepada khalayak banyak. Yuk nikmati beragam artikel bermanfaat dan menarik lainnya di website ini.

Leave a Comment