Deprecated: Hook custom_css_loaded is deprecated since version jetpack-13.5! Use WordPress Custom CSS instead. Jetpack no longer supports Custom CSS. Read the WordPress.org documentation to learn how to apply custom styles to your site: https://wordpress.org/documentation/article/styles-overview/#applying-custom-css in /home/anaksho1/public_html/wp-includes/functions.php on line 6085
Acara Aqiqah Sederhana, Ini Tips Pelaksanaannya!

Acara Aqiqah Sederhana, Ini Tips Suksesnya!

Menyelenggarakan acara aqiqah bisa dibilang gampang-gampang susah. Oleh karenanya, demi suksesi acara aqiqah, Anda sebaiknya terlebih dahulu mencari referensi untuk mendapatkan ide acara aqiqah sederhana yang penuh makna.

Tentu saja tidak hanya mencari referensi acara aqiqah yang sederhana. Anda juga perlu beberapa informasi penting hingga beberapa tips praktis untuk suksesi acara aqiqah yang notabene merupakan salah satu momen sakral yang jarang-jarang dilakukan.

Hanya saja, sebelum itu Anda perlu untuk terlebih dahulu memperhatikan penjelasan mengenai aqiqah dan tata caranya dalam perspektif agama islam. Hal ini agar acara aqiqah yang digelar nantinya bisa berlangsung dengan lancar, khidmat, dan tentu saja sesuai dengan syariat islam.

Aqidah dalam Pandangan Agama Islam

Aqiqah secara sederhana adalah proses penyembelihan hewan pada hari ketujuh setelah bayi lahir. Aqiqah juga bisa diartikan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran bayi.

Aqiqah adalah salah satu wujud syukur. Sumber: unsplash.com
Aqiqah adalah salah satu wujud syukur. Sumber: unsplash.com

Diriwayatkan Al-Hasan dari Samurah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Semua anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelihkan pada hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberikan nama.” (HR Ahmad 20722, At-Turmudzi 1605 dan dinilai shahih oleh Al-Albani).

Dari segi hukum, hukum aqiqah merupakan sunnah muakkad, atau sunnah yang harus diutamakan. Artinya, jika seorang muslim mampu melakukannya (karena memiliki harta yang cukup), maka dia dianjurkan untuk meng aqiqah anaknya saat anak tersebut masih bayi.

Sementara itu, tata cara melakukan aqiqah sama untuk anak laki-laki dan perempuan. Hal yang membedakannya hanyalah pada jumlah hewan yang disembelih. Pada anak laki-laki harus berjumlah dua ekor kambing. Sedangkan, untuk anak perempuan jumlah hewan aqiqah hanya satu kambing saja.

Kemudian dianjurkan untuk membagikan daging sembelihan tersebut kepada kerabat, tetangga dan orang-orang yang membutuhkan.

Tips Suksesi Acara Aqiqah sederhana

Setelah memahami bagaimana makna dan tata cara pelaksanaan aqiqah, selanjutnya Anda perlu mempersiapkan beberapa hal teknis menjelang acara syukuran aqiqah agar aqiqah bisa berjalan dengan baik dan khidmat.

1. Definisikan Konsep Acara Aqiqah Sederhana

Pertama-tama, pikirkan dengan baik bagaimana konsep aqiqah sederhana versi Anda. Tentu saja pada dasarnya makna sederhana bisa sangat subyektif interpretasinya bagi satu sama lain orang. Meski begitu, makna umum dari sederhana adalah ekonomis dan secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

Tidak harus mewah agar sebuah momen berkesan. Sumber: unsplash.com
Tidak harus mewah agar sebuah momen berkesan. Sumber: unsplash.com

Jelas bahwa konsep acara sangat mempengaruhi besar kecilnya biaya yang harus dikeluarkan. Semakin sederhana acara syukuran Aqiqah maka semakin sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu Anda hendaknya melakukan acara Aqiqah yang sederhana tanpa mengurangi makna dan kekhidmatan acara. Bahkan jika itu harus di outdoor menggunakan tenda acara pada umumnya.

Prinsipnya adalah desain acara aqiqah seekonomis mungkin dalam artian sesuai dengan ketersediaan dana. Setelah itu pastikan desain acara sudah mengakomodir apa yang harus dalam rangkaian aqiqah itu sendiri. Setelah itu sebaiknya cukupkan diri Anda dengan desain acara aqiqah yang sudah ada.

2. Susun Rencana Keuangan yang Jelas

Setelah Anda mendapatkan konsep acara aqiqah yang sederhana menurut versi Anda, maka yang perlu Anda lakukan adalah menyusun dan memastikan rencana keuangan yang jelas. Hal ini penting, sebab berdasarkan bagian inilah Anda bisa mendefinisikan dengan jelas makna sederhana pada aspek tingkat ekonomis.

Tanpa kejelasan rencana keuangan acara, kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah terjadi defisit keuangan yang besar pasca acara. Ini jika budget cadangan Anda tersedia. Namun jika budget keuangan cadangan tidak tersedia, sangat mungkin acara aqiqah Anda terpaksa dibatalkan atau jauh dari konsep awal.

Oleh karena itu menjadi sangat penting untuk memiliki rencana keuangan acara yang jelas. Agar penyelenggaraan acara bisa berlangsung dengan baik dan tidak memberatkan Anda selaku pihak penyelenggara.

3. Survei Penyediaan Jasa Aqiqah Terpercaya

Jika budget ada, dan Anda juga tidak mau repot dengan berbagai hal teknis, sebaiknya Anda menyerahkan porsi teknis penyelenggaraan kepada penyedia jasa aqiqah terpercaya. Opsi ini jika dipertimbangkan secara menyeluruh bisa dibilang lebih sederhana ketimbang eksekusi acara diampu secara mandiri.

Percayakan segala sesuatu pada ahlinya. Sumber: unsplash.com
Percayakan segala sesuatu pada ahlinya. Sumber: unsplash.com

Selain itu, apa pun yang dilakukan secara tiba-tiba biasanya menghadapi banyak kendala. Maka ada baiknya kita merencanakan aqiqah untuk anak jauh-jauh hari. Kalau perlu, karena si kecil masih dalam kandungan.

Jika Anda mengetahui jenis kelaminnya, kita dapat memulai persiapan. Langkah awal bisa seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, yaitu. melakukan survey terhadap penyedia jasa aqiqah dan mengukur kemampuan finansialnya dengan paket yang tersedia.

4. Tentukan List Undangan Prioritas

Tidak perlu mengundang terlalu banyak orang ke perayaan Aqiqah. Yang terpenting dalam upacara Aqiqah adalah penyembelihan kambing/domba dan pencukuran bayi, yang mana acara ini dihadiri oleh pihak-pihak yang sudah seyogyanya hadir.

Lalu siapa saja yang selayaknya hadir dalam acara aqiqah Anda? Tentu saja ini sangat bergantung pada konsep acara aqiqah Anda sedari awal. Jika acara didesain sederhana dan terbatas, maka undangan juga turut menjadi terbatas. Karena itu perlu skala prioritas.

Siapa-siapa saja yang harus masuk prioritas?. Pertama-tama tentu saja keluarga inti. Selanjutnya keluarga besar, sahabat dekat,dan juga tetangga.

5. Pilih Opsi Catering Aqiqah Sesuai dengan Budget

Dalam banyak acara, catering menjadi salah satu lini pengeluaran yang paling besar. Oleh karena itu penting sekali untuk memilih osi catering yang tepat? Tidak lain adalah opsi catering yang sesuai dengan budget.

Jangan coba-coba memilih catering melampaui budget. Hal ini tidak hanya kontraproduktif, tapi juga membahayakan acara itu sendiri. Minimal sekali pasca acara.

Nasi Kotak Aqiqah Sederhana

Dalam penyelenggaraan aqiqah, budget terbesar adalah untuk menyediakan makanan untuk penyelenggaraan aqiqah. Biasanya keluarga yang menyelenggarakan aqiqah menyediakan kambing satu atau dua tergantung kebutuhan untuk disembelih dan dimasak.

Namun dengan menyediakan kambing sendiri, pelaksanaan aqiqah malah semakin boros. Karena itu penting untuk memesan nasi kotak aqiqah untuk dibagikan waktu acara aqiqahan.

Sebenarnya tidak ada ketentuan, seperti apa makanan aqiqah yang harus dibagikan. Yang terpenting adalah pada makanan aqiqah terdapat daging sembelihan hewan aqiqah. Karena itu, untuk menghemat pengeluaran, penyelenggara aqiqah bisa pesan nasi kotak aqiqah sederhana.

Pesan Nasi Aqiqah Murah? Hubungi kami!

Untuk Anda yang berdomisili di Purwokerto dan sekitarnya, dapatkan paket nasi aqiqah harga bersahabat.

Segera konsultasikan kepada kami dengan klik tombol dibawah ini.

Nah itulah beberapa tips penting dan simpel dalam rangka suksesi acara aqiqah sederhana. Jangan lupa simak juga artikel lainnya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment