Deprecated: Hook custom_css_loaded is deprecated since version jetpack-13.5! Use WordPress Custom CSS instead. Jetpack no longer supports Custom CSS. Read the WordPress.org documentation to learn how to apply custom styles to your site: https://wordpress.org/documentation/article/styles-overview/#applying-custom-css in /home/anaksho1/public_html/wp-includes/functions.php on line 6085
10 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bagi Muslimah - Dalam Islam, Gapai Ketaqwaan

10 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bagi Muslimah

Menjelang ramadhan usai maka mudik lebaran pasti menjadi sebuah tradisi yang tidak pernah terlewatkan. Dengan berbagai kondisi mudik, Anda perlu menyiapkan perjalanan dari awal hingga akhir dengan matang. Untuk itu akan kami berikan kepada Anda para muslimah mengenai tips mudik lebaran aman dan nyaman selama di perjalanan. 

Tips mudik lebaran kali ini kami khususkan bagi muslimah, sebab ada beberapa hal yang perlu diperhatikan secara umum, namun ada juga beberapa hal yang secara khusus para muslimah perlu mengetahuinya. Penasaran apa saja tips mudik lebaran kali ini? Simak terus hingga akhir ya, sob! 

Tips Mudik Lebaran Bagi Muslimah

Bagi Anda muslimah yang sekarang menjadi perantau baik sedang menuntut pendidikan atau bekerja, maka momen lebaran pasti akan sangat Anda tunggu-tunggu sehingga sebelum ramadhan usai pasti akan ada agenda mudik. 

Nah, kira-kira apa saja tips mudik lebaran bagi para muslimah ini? Berikut kami berikan penjelasannya, selamat membaca. 

1. Ketahui Adab Bepergian 

10 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bagi Muslimah
Berikut adalah adab dalam mudik lebaran Sumber : Shutterstock.com

Tips mudik lebaran yang pertama adalah pastikan Anda mengetahui adab bepergian, baik selama sebelum, saat, dan setelah bepergian. Mengetahui adab juga penting, sebab bepergian akan bernilai istimewa jika Anda terikat dengan hukum serta kesadaran akan hubungan mereka dengan Allah swt. 

Pastikan sebelum Anda bepergian untuk berdoa memohon perlindungan dari Allah swt dan meminta izin terhadap orang tua, lalu disaat berpergian bersama perjalanan Anda dengan dzikir, yang terakhir sesaat selepas bepergian ucapkan syukur terhadap Allah yang telah memudahkan perjalanan Anda. 

2. Mudik Bersama Mahram

Nah, tips mudik lebaran yang kedua bagi muslimah adalah perhatikan hukum safar bagi muslimah dan waktunya. Sebab jika Anda menghabiskan waktu sehari semalam penuh saat safar maka peru dibersamai dengan mahram. 

10 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bagi Muslimah
Bagi perempuan, mudik harus bersama mahramnya. Sumber : Shutterstock.com

Dalil syar’i yang menyatakan hal tersebut salah satunya adalah, Imam Bukhari telah mengeluarkan dari Abu Hurairah, bahwa Nabi saw bersabda: 

“Tidak halal bagi seorang wanita yang mengimani Allah dan Hari Akhir melakukan safar dengan perjalanan sehari semalam tidak bersamanya hurmah (mahram)”

3. Menutup Aurat 

Kewajiban menutup aurat bagi muslimah pada kehidupan di luar rumah perlu Anda perhatikan dengan serius. Mengingat aurat perempuan itu selain muka dan telapak tangan maka Anda perlu memakai baju kurung yang longgar hingga kaki dan khimar yang menutup sampai dada.

Kriteria berpakaian pun tidak boleh berlebihan, dan perhatikan kriteria bahan pakaian, pastikan pakaian tidak transparan agar tidak menarik perhatian hingga menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. 

4. Perhatikan Waktu Safar 

Jika Anda akan melakukan perjalanan yang panjang usahakan Anda memilih waktu pada pag hari sehingga Anda tidak terjebak malam saat masih di perjalanan. Selain itu pengaturan waktu mudik juga dapat dipersiapkan jauh sebelum hari mudik dengan memesan tiket lebih awal. Sebab, mudik lebaran pasti akan ramai. 

5. Transportasi 

Mudik paling nyaman dan santai adalah mudik dengan kendaraan pribadi. Namun sayangnya tidak semua orang bisa menyusuri perjalanan yang jauh dengan kendaraan pribadi.

Tak heran banyak orang menggunakan transportasi umum, atau memburu program mudik gratis. Program yang selalu ada untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Biasanya program ini diberikan pada warga dengan kampung halaman yang ada di pulau lain.

Melakukan sewa bus pariwisata Padang untuk membantu masyarakat Padang pulang kampung di musim lebaran, menyewa bus paling prima untuk perjalanan antar pulau. Bus atau transportasi umum lainnya jadi jawaban ketika kendaraan pribadi tidak bisa digunakan untuk mudik.

6. Barang Bawaan 

10 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bagi Muslimah
Jangan terlalu banyak membawa barang jika mudik dengan kendaraan umum. Sumber : Shutterstock.com

Kerap kali barang bawaan yang overload membuat perjalanan Anda tidak efektif. Oleh karenanya, Anda perlu menentukan kebutuhan barang bawaan Anda untuk mudik, mulai dari barang pribadi hingga oleh-oleh yang akan dijadikan bingkisan untuk saudara. 

7. Kondisi Tubuh 

Mudik ke kampung halaman yang jauh disana mungkin akan menguras energi Anda, olehnya Anda perlu menyiapkan fisik dengan tips mudik lebaran edisi kondisi tubuh dengan mengkonsumsi suplemen dan mencukupkan mineral dalam tubuh. 

Dengan begitu sampainya Anda di kampung halaman akan siap untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara. 

8. Finansial 

Tips mudik lebaran yang tak kalah penting adalah mengenai keuangan Anda. Anda perlu menyiapkan uang untuk membeli tiket hingga buah tangan, jadi pastikan Anda sudah budgeting jauh sebelum mudik agar keuangan tidak carut marut. 

10 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bagi Muslimah
Kalkulasi finansial mempengaruhi moda transportasi yang akan digunakan. Pilih yang paling pas di kantong. Sumber : Shutterstock.com

Jangan lupa untuk menyimpan uang dalam wadah yang aman dan menempatkannya dalam tempat yang terpisah. Selama perjalanan Anda dapat menyiasati dengan e-money untuk antisipasi jika terjadi kecopetan dan lain sebagainya.

9. Membawa Alat Pertahanan Diri 

Terdengar lucu, namun tips mudik lebaran kali ini juga bukan hal yang mustahil untuk Anda lakukan. Membawa semprotan lada sebagai alat pertahanan diri bukanlah hal yang tabu. Mengingat Anda akan ada pada ruang publik dalam beberapa waktu. 

10. Membawa P3K 

Membawa P3K juga masuk ke dalam tips mudik lebaran kali ini. Bagi Anda yang mempunyai kondisi khusus pada kesehatan, maka jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi untuk penjagaan. 

Sebagai tambahan Anda juga dapat menambahkan nomor yang dapat dihubungi saat dilanda keadaan darurat dan menempatkannya pada tempat yang mudah dijangkau oleh orang lain.  

Nah, jadi itulah tadi informasi mengenai tips mudik lebaran yang kami khususkan untuk muslimah. Dengan begitu harapannya para muslimah perantau akan lebih aware terhadap dirinya, tak terkecuali dalam hal safar. 

Jadi, sudahkah Anda memutuskan untuk mudik kapan pada kesempatan ramadhan kali ini? Pastikan Anda menyiapkan safar dengan se detail mungkin untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan melalui tips mudik lebaran di atas. Sekian dan terima kasih. Selamat mudik lebaran, semoga Allah mudahkan safar Anda! 

Leave a Comment